Kamis, 08 September 2016

ARTI LAMBANG PAGAR NUSA

PSNU Pagar nusa adalah salah satu nama organisasi pencak silat dengan jumlah anggota dan satu kesatuan didalamnya sangat dinamis memiliki julukan "Islamic Spiritual of Java", Didirikan atas dasar musyawarah para tokoh Kyai dan Ulama besar, maka lambang pencak silat pagar nusa memiliki kandungan makna yang sangat filosofis dan riligius.
Logo Pagar Nusa


Berikut detail dan asal muasal terbentuknya lambang PSNU Pagar Nusa

Tulisan PAGAR NUSA
Nama dari organisasi pencak silat yaitu PAGAR NUSA disingkat Pagarnya NU dan BANGSA

Kurva segilima
  • Religi - Jumlah rukun islam (syahadat , sholat , zakat , puasa dan haji).
  • Nasionalisme - Jumlah pancasila yang menjadi dasar degara indonesia.

Tiga garis tepi warna putih
Gambaran tiga hakikat unsur kehidupan manusia
  • Alam janin
  • Alam dunia
  • Alam akhirat
Gambaran tentang pagar nusa dengan sikap religi
  • Islam : pagar nusa sebagai benteng Nahdlatul ulama yang merupakan salah satu ormas islam terbesar didunia
  • Iman : pesilat pagar nusa selalu berpegang teguh terhadap iman kepada Allah
  • Ikhsan : selalu menjahui apa yang dilarang dan menjalankan apa yang diperintahkan dalam islam
Tulisan "NAHDLATUL ULAMA"
Menjelaskan bahwa pagar nusa merupakan Badan Otonom resmi nahdlatul ulama yang bergerak dibidang seni beladiri dan olahraga.

Bintang sembilan
Bermakna sembilan wali (walisonggo) : Menerapkan jejak dakwah diera para wali dinusantara dengan metode yang toleran dan bersifat tradisional.

Bola dunia
Pagar nusa akan berkembang dan terus tumbuh diberbagai belahan dunia.

Tulisan " Lagoliba Illa Billah "
Memiliki arti "Tiada kemenangan melainkan tanpa pertolongan dari Allah SWT".

Trisula
Melambangkan bahwa pagar nusa adalah aliran pencak silat, dengan adanya sebuah senjata trisula pada lambang akan menjadi unsur beladiri yang kuat.

Background warna hijau
Menjadi simbol kesinambungan dengan Nahdlatul ulama, selain itu warna hiaju melambangkan sebuah kehidupan dan kesuburan

Lambang pencak silat pagar nusa seperti yang kita ketahui berwana hijau dimana didalamnya terdapat sususan objek seperti bintang , bola dunia dan trisula hingga pita bertuliskan lafadz arab yang berbunyi " La goliba illallah " lambang pertama ini diusulkan oleh Kh. Suharbillah SH.LLT. dari surabaya.

Kemudian disempurnakan menjadi segi lima oleh peserta musyawarah III dipondok pesantren tebu ireng jombang , saat itu KH. Sansuri baidawi sebagai sesepuh dan penasihat juga ikut memberikan andil dalam pembuatan lambang pagar nusa , beliau memberikan rujukan terhadap tilasan pertama pada logo yang berbunyi "Lagolibaillallah" diubah menjadi "Lagolibaillabillah" yang artinya tiada yang menang kecuali tanpa pertolongan allah" dan sepakat untuk diterapkan hingga saat ini.

Tag :
Pagar Nusa, Nahdlatul ulama , Ahlusunnah wal jamaah , PN , NU , Banser , GP Ansor , Fatayat, Muslimat , PBNU , Sejarah Pagar Nusa , Gus Maksum , Santri NU , Logo Pagar Nusa , Asal muasal Logo Pagar Nusa tercipta, Penyempurnaan Lambang Pagar Nusa, GASMI, Pagar Nusa Gasmi, Porsegal, Garuda Loncat, BATARA, NH Perskasya, Sapu Jagad, Lirboyo Kediri, Pagar nusa Indonesia, Pagar Nusa Nganjuk, Pagar Nusa Kediri, Pagar Nusa Madiun, Pagar Nusa Kalimantan, Pagar Nusa Sulawesi, Pagar Nusa Sumatra, Pagar Nusa Papua. Logo Pagar Nusa Terbaru, Logo Pagar Nusa Resmi.