Kamis, 24 Agustus 2017

FALSAFAH DAN AJARAN SETIA HATI TERATE | Infopagarnusa

Falsafah dan ajaran Setia Hati Terate | 1992


Falsafah dan Ajaran Setia Hati Teratai yang paling utama adalah "Manusia dapat dihancurkan,manusia dapat dimatikan (dibunuh) akan tetapi manusia tidak dapat dikalahkan selama manusia itu setia pada hatinya sendiri, setia yang berarti selama manusia masih ber-SH pada diri sendiri. Tidak akan ada kekuatan apapun diatas manusia yang mampu mengalahkan manusia kecuali kekuatan yang dimiliki oleh Tuhan Yang Maha Esa."

Falsafah dan Ajaran dasar PSHT | Infopagarnusa.com
Falsafah dan Ajaran dasar PSHT 


Baca juga:

" Sejarah Psht lengkap "

Falsafah dan Ajaran ini diterapkan dalam setiap kebaktian para pendekar dan warga Setia Hati Teratai dan juga menjadi keyakinan bagi semua warga SH Terate sehingga menjadi sebuah kekuatan tersendiri bagi anggota secara pribadi maupun persaudaraan. Prinsip ini juga diterapkan pada seluruh warga setia hati terate bahwa tidak ada yang ditakuti dari bangsa manusia dan juga bangsa lain seperti Jin, Setan, makhluk halus dan sebagainya kecuali ketakutan pada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain menerapkan Falsafah dan Ajaran ke-SH an tersebut diatas SH Terate juga mengajarkan setiap calon anggota persaudaran dengan Seni Beladiri Pencak Silat. Menurut SH Terate setiap seni bela diri timur selalu didasarkan pada filosofi dengan kode etik terkait yang rahasia hal ini juga berlaku untuk semua Pencak Silat. Sebenarnya ada lima prinsip/ Unsur yang melandasi Persaudaraan SH Terate yang sangat detail terdapat dalam Lambang PSHT lebih lengkapnya bisa dibaca pada Artikelnya langsung dibawah ini 
Folow kami:

@Info.Pagarnusa Infopagarnusa @PencakDor86



" Makna Lambang PSHT adalah cerminan karakter warga Psht"

Praktek seni bela diri yang diajarkan pada Persaudaraan SH Terate memiliki tujuan membantu siswa mengembangkan karakter jujur, terbuka dengan hidup sesuai dengan norma-norma dasar dan nilai-nilai seni. Siswa juga diwajibkan berusaha untuk menjaga keseimbangan (harmoni) dalam jasmani dan rohani, dalam kecerdasan dan juga emosi. 

Ada lima prinsip SH Terate didirikan sebagai salah satu organisasi pencak silat terbesar diindonesia berikut lima prinsip SH Terate


Setia Hati Terate didirikan pada lima prinsip dasar:

  • Persaudaraan (Brotherhood atau persaudaraan)
  • Olah Raga (Sport)
  • Bela Diri (Self-pertahanan)
  • Seni Budaya (Seni dan budaya)
  • Kerokhanian Ke SH-an (pengembangan Spiritual)


Lima prinsip diatas sebenarnya didasarkan pada nilai Persaudaraan Setia Hati Terate yaitu cara hidup dan jalan hidup para warga PSHT mengacu pada sebuah laman Wikipedia menjelaskan bahwa pada PSHT Unsur olahraga hanya aspek kecil, salah satu dari banyak batu yang jalan PSHT yang beraspal. Dengan cara ini PSHT mengambil cara pendekatan yang lebih luas bahwa Persaudaraan Setia Hati Terate bukan olahraga pertempuran tetapi seni pertempuran.

Sebuah olahraga pertempuran yang merupakan perjuangan dengan yang lain. Sebuah seni pertempuran dikatakan sebagai cara perjuangan dengan diri sendiri. Falsafah dan Ajaran SH Terate tersebut telah menjadi Prinsip Dasar Setia Hati Terate,untuk mencapai keseimbangan dalam tubuh (jasamani) dan pikiran (rohani), Persaudaraan Setia Hati Terate.

Ads 970x90