Jumat, 04 Agustus 2017

3 GARIS BESAR DIBENTUKNYA PAGAR NUSA

Pagar nusa adalah salah satu aliran pencak silat yang cukup disegani dan sangat populer diindonesia selain memiliki jumlah anggota ribuan yang tersebar diseluruh pelosok nusantara pencak silat yang berkembang dibawah badan otonom Nahdlatul Ulama ini juga memiliki keunikan tersendiri dibanding seni pencak silat pada umumnya.

InfoPagarNusa.blogspot.com
Gambar Pagar Nusa


Pagar nusa pertama kali resmi terbentuk pada tahun 1986 disalah satu ponpes terluas diasia kala itu tepatnya didaerah kediri jawa timur meskipun tergolong pencak silat muda existensi pencak silat NU ini sangat luar biasa selain merupakan satu-satu nya pencak yang mampu menembus perekrutan jumlah anggota yang sangat cepat pagar nusa juga menjadi satu-satunya pencak silat yang memiliki peran luar biasa dibanding pencak silat lain yang ada dinusantara.

♦  Baca juga :



Peran  tugal pagar nusa
PSNU Pagar Nusa dibentuk oleh para ulama dan para kiyai serta pendekar-pendekar Nahdlatul Ulama yang sangat berpengaruh, dibentuknya pencak silat ini bukan semata ingin membentuk perguruan pencak silat melainkan sebagai semangat kepedulian mereka terhadap budaya, bangsa dan agama

♦  Berikut 3 rangkuman pagar nusa

  • Sebagai satu-satunya pencak silat yang resmi berdiri sebagai badan otonom Nahdlatul ulama, yang bearti dalam srtuktur ke-NU-an pagar nusa setara dengan GP ANSOR
  • Berdiri sebagai pendekar yang siap menjadi benteng utama para ulama dan kiyai
  • Menjadi wadah pencak silat dimana didalam pagar nusa terdapat puluhan aliran pencak silat dengan sejarah dan ciri khas masing-masing aliran

Poin pertama
Pagar nusa adalah satu-satunya pencak silat yang dibentuk sebagai salah satu badan otonom struktural ke-NU-an itu berarti status pagar nusa dalam Nahdlatul Ulama sekelas GP Ansor, Muslimat, Fatayat, IPPNU dan lain sebagainya.

Poin kedua
Pagar nusa yang berkembang dibawah naungan Nahdlatul Ulama itu berarti pagar nusa memiliki tugas paling berat dalam badan otonom Nu , mengapa demikian karena pagar nusa merupakan benteng utama sebagai pengawal/penjaga dan pelindung para ulama. seperti singkatan dari pagar nusa itu sendiri yang merupakan Pagarnya NU dan Bangsa.
Poin krusial ketiga
Pagar nusa dibentuk oleh para ulama/kiyai serta para pesilat-pesilat yang jago dibidangnya sebagai dasar wadah pencak silat .

Nusantara adalah bangsa yang sangat beragam memiliki jumlah kebudayaan yang tidak terhingga salah satunya adalah pencak silat yang keberadaannya sangat diperhitungkan. tersebar luas diseluruh pelosok negeri dan lahir dengan keanekaragaman aliran, sejarah, seni jurus, dan teknik yang sangat khas, hal inilah yang menggerakan para tokoh-tokoh tersebut untuk mengejawetankan kelestarian pencak silat sebagai identitas bangsa dengan membentuk sebuah lembaga pencak silat yang dinamai LPSNU Pagar nusa yang sekarang diubah berdasakan mufakat bersama menjadi PSNU Pagar Nusa.

Tujuan dari PSNU Pagar Nusa

♦  Tujuan Pagar Nusa


  • Menjadi pelopor untuk pelestarian kebuadayaan pencak silat
  • Sebagai badan otonom Nahdlatul Ulama
  • Menjadi wadah pencak silat yang mengikat aliran silat tradisional nusantara
  • Bekal dakwah serta beladiri

Lantas ada pertanyaan yang sering terdengar :
Mengapa pagar nusa memiliki sabuk yang berbeda?
Kenapa pagar nusa memiliki seragam yang berbeda?
Mengapa gerakan dan materi pagar nusa tidak ada yang sama?

Pertanyaan seperti itu hanya akan diajukan oleh mereka yang tidak faham dengan tujuan mulia pagar nusa,  jawabannya sangat sederhana

Pagar nusa dibentuk dengan berperan sebagai wadah yang akan mengikat pencak silat nusantara dengan berkembang dibawah langsung badan otonom Nahdlatul Ulama, pagar nusa sendiri memiliki AdArt resmi dalam strukutur keorganisasian tentu memiliki aturan baku dari

♦   Aturan baku


  • Model dan warna seragam pagar nusa
  • Lambang pagar nusa
  • Materi pagar nusa
  • Sabuk pagar nusa


Semua telah ditentukan pada aturan baku AdArt pagar nusa, jika ada pesilat pagar nusa yang menggunakan seragam selain seragam resmi pagar nusa itu sah-sah saja karena memang itu adalah aliran silat yang dia pelajari, dan jika ada pesilat pagar nusa mengenakan sabuk yang bukan warna hijau itu juga sah-sah saja karena pada dasarnya pagar nusa adalah wadah dari pencak silat semua aliran dengan identitas  yang akan tetap mereka jaga.

Semoga dengan wawasan tentang pagar nusa ini akan lebih membuat mereka yang tidak faham dengan sejatinya pagar nusa akan menjadi faham apa itu pagar nusa.